Thursday, December 1, 2016

Siapakah Wahabi Salafi atau Wahhabism ?

Banyak orang2 awam tertarik mengikuti Salafi karena dianggap aliran ini memurnikan ajaran Islam dari Takhayul, Bid’ah, dan Khurafat yang dulu disingkat dgn TBC. Ulama Salafi menamakan aliran mereka berubah2. Dulu sekali Muwahhidun, kemudian jadi Salafi, lalu Ahlus Sunnah,
dan juga Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Ini sama dengan nama Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang asli. Ulama Aswaja yang asli, Sufi, dan Syi’ah menamakan kelompok Salafi ini sebagai Wahabi. Nama ini sesuai dengan pendirinya, Muhammad bin Abdul Wahhab An Najdi at Tamimi, seorang Bani Tamim yang lahir di Najd tahun 1703 dan meninggal tahun 1792.
Namun jika Aswaja asli mengamalkan zikir berjamaah, Maulid Nabi, Tahlilan, Yasinan, dsb, maka Wahabi ini menganggap itu semua sesat. Karena Wahabi hanya menerima hadits yang menyatakan semua Bid’ah itu sesat dan masuk neraka. Mereka menolak hadits Bid’ah Hasanah / Ni’mal Bid’ah yang dipahami para sahabat seperti Khalifah Umar bin Khoththob ra, Abu Bakar ra, Zaid bin Tsabit dan juga para ulama Salaf seperti Imam Syafi’ie yang lahir tahun 150 H.

Meme Lucu : Meme Kartun Wahabi Gobloky

Walhasil mereka memfitnah Aswaja sebagai sesat, Musyrik karena ziarah dan doa di kuburan, dsb. Mereka pandang juga Sufi sebagai sesat / ghulluw. Banyak dari kelompok ini menganggap semua Syi’ah sesat bahkan belakangan ada yang bilang “Syi’ah bukan Islam”. Ini memprihatinkan mengingat sebagian perawi hadits dari Sahih Bukhari, Muslim, dsb ternyata Syi’ah . Contoh: Abbad bin Ya’qub Al Asadi Ar Rawajini Al Kufi dan Sulaiman bin Qarm Abu Dawud Adh Dhabi Al Kufi.

Sebaliknya, banyak ulama dari Aswaja, Sufi, dan juga Syi’ah menuding Wahabi sebagai aliran sesat, khawarij, dan buatan Zionis Inggris. Buatan Yahudi untuk memecah-belah ummat Islam dan membunuh Muslim. Kaum Salafi Wahabi menganggap ini adalah fitnah dari Musuh Islam. Musuh Allah. Kaum Salafi Wahabi menganggap kelompok mereka sebagai Pembela Islam, Penegak Sunnah.
Nah jika antara Wahabi dan non Wahabi ini saling klaim bahwa musuhnya yang melontarkan fitnah dan memang jutaan Muslim sudah dibunuh oleh Wahabi sejak kelahirannya, siapakah yang ahli fitnah sebenarnya? Mari kita kaji Al Qur’an dan Hadits dan fakta-fakta yang sudah terjadi.
Nabi menubuwatkan bahwa di akhir zaman akan timbul fitnah. Bahkan secara khusus Nabi menyebut Najd, tempat kelahiran Muhammad bin Abdul Wahhab sebagai sumber fitnah dan “Tanduk Setan”:

No comments:

Post a Comment